Ada pertanyaan?   089696459240 / 085691283355   daftar@leavco.com

Kenali Bahasa Spanyol, Bahasa ke-3 Terpopuler di Internet

Kenali Bahasa Spanyol, Bahasa ke-3 Terpopuler di Internet

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Internet ibarat ladang yang sangat luas dan tak berbatas. Berbagai suku bangsa dan bahasa membaur, saling bertegur sapa serta menuangkan ide dan gagasan. Bahasa Inggris lebih kerap digunakan sebagai pemusnah jurang bahasa di wilayah ini. Namun, bagi Anda yang gemar berselancar di dunia maya, tentu sering kali menemukan seseorang mengetik komentar dalam bahasa Spanyol, ketimbang Inggris. Tidak mengherankan, jika bahasa Spanyol pun menjadi bahasa ke-3 dengan penutur terbanyak di internet.

 

Sebelum membahas seberapa jauh penetrasi bahasa Spanyol di jagad digital, tidak ada salahnya sejenak mengenal akar dari bahasa negeri penghasil minyak zaitun ini. Bahasa Spanyol merupakan satu dari lima bahasa utama rumpun bahasa Roman. Ditarik dari asalnya, bahasa Roman merupakan anak dari bahasa Latin Rakyat (Vulgar Latin) yang banyak dituturkan oleh kaum pedagang pada abad pertengahan di Eropa.

 

Berkat penjelajahan samudera yang dilakukan bangsa Spanyol ratusan tahun silam, kini bahasa Spanyol dituturkan hampir di seluruh dunia. Setidaknya ada lebih dari 400 juta penutur asli bahasa Spanyol yang tersebar dari Eropa, Amerika Utara, Amerika Selatan, hingga Filipina. Jumlah ini belum termasuk 90 juta orang yang berstatus pembelajar atau mereka yang berbicara Spanyol sebagai bahasa ke dua.

 

Di samping menjadi salah satu anak bahasa Latin Rakyat, bahasa Spanyol juga banyak mendapat serapan dari bahasa Arab. Setidaknya ada 4000 kata serapan atau 8% dari total kosakata bahasa Spanyol Modern yang diserap dari bahasa Arab. “Hasta” yang populer berkat ungkapan “hasta la vista, Baby” dari Arnold Schwarzenegger dalam seri film Terminator juga berasal dari kosakata Arab, yakni “hatta” yang memiliki arti “sampai”.

 

Penyebaran pop-culture di internet menjadi salah satu alasan peningkatan pembelajar bahasa Spanyol di jagad digital. Diperkirakan sejak beberapa tahun lalu, penggunaan bahasa Spanyol di internet meningkat 800%. Data tahun 2016 juga menunjukkan penutur asli dan pembelajar bahasa Spanyol di internet tidak kurang dari 256 juta orang. Jumlah ini tentu saja terus bertambah. Rasanya belum lekang dari telinga, fenomena lagu Despacito di awal tahun 2017 lalu yang tiba-tiba membuat separuh penduduk internet tertarik berdendang dalam bahasa Spanyol.

 

Hmmm.. tentu akan lebih asyik jika mendendangkan lagu nan hits itu dengan mengetahui makna setiap syairnya. Tak perlu khawatir kesulitan belajar bahasa Spanyol karena ada Leavco yang hadir memberikan kursus bahasa tersebut di area Depok dan sekitarnya. Jangan tunggu lama-lama, hubungi kami sekarang dan jadilah bagian penutur bahasa asal negeri para matador itu.(IA)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ini dia rekomendasi untuk jasa desain rumah di bogor.