Ada pertanyaan?   +6221 3030 3913   info@leavco.com

Bahasa Prancis, Bahasa Edukasi dan Diplomasi Dunia

Bahasa Prancis, Bahasa Edukasi dan Diplomasi Dunia

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Bahasa Prancis tidak sekadar seksi, tetapi juga menyimpan nilai intelektual yang tinggi. Bahasa Prancis termasuk ke dalam kategori bahasa yang cukup tua. Evolusinya pun cukup panjang. Bahasa Prancis tua terkadang disebut Francien. Di masanya, Francien hanya diakui sebagai bagian dialek bahasa Roman yang dituturkan oleh kaum tak berpendidikan. Di bawah arahan Raja Louis IX (abad XIII), Francien baru diakui sebagai bahasa kaum berada di kota-kota di sekitar kerajaan. Namun sayangnya, bahasa ini tidak diperkenankan menjadi bahasa tulis.

Seiring kemunculan teknologi percetakan, sekitar abad ke-16, bahasa Prancis mengalami pembenahan dan mulai dipromosikan menjadi bahasa resmi pada tingkat administrasi negara. Perusahaan percetakan lebih banyak mencetak lembaran dalam bahasa Prancis. Alasannya, bahasa Prancis dinilai lebih populer di kalangan masyarakat biasa di perkotaan, dibanding bahasa Latin yang dimonopoli golongan aristokrat dan agamawan.

Selanjutnya, sejak abad 17, bahasa Prancis muncul sebagai lingua franca di sebagian besar wilayah Eropa serta negara koloni Amerika Utara dan Afrika. Sebagai bahasa yang menghubungkan bangsa satu dengan lainnya yang berlainan bahasa ibu, bahasa Prancis menduduki peringkat yang sama dengan bahasa Inggris di era modern.

Memasuki abad 19, sistem pendidikan yang universal diperkenalkan dari Prancis. Dimulai dari sini, para siswa diwajibkan berbahasa Prancis setiap berada di lingkungan sekolah. Sebelumnya, telah dibentuk Académie Française yang memiliki misi mempromosikan bahasa Prancis yang sesuai standar dengan mempertahankan keasliannya. Berkat kuatnya sistem pendidikan, bahasa Prancis menjadi bahasa diplomasi dan digunakan dalam setiap penulisan dokumen internasional.

Perjalanan sejarah bahasa Prancis memberikan alasan mengapa bahasa Prancis teramat penting bagi pendidikan dan diplomasi dunia di masa kini. Prancis adalah ladang ilmu bagi siswa yang haus akan pengetahuan. Para pemikir besar dan kritikus sastra lahir dengan bertutur dalam bahasa ini.

Berkat kekuatan diplomasi di masa lalu pula, bahasa Prancis dijunjung sebagai bahasa resmi di sejumlah organisasi dunia. Sebut saja, PBB, Uni Eropa, Mahkamah Internasional, serta organisasi nonpemerintahan Eropa. Bahasa Prancis pun menduduki peringkat sepuluh sebagai bahasa dengan penutur terbanyak dan menjadi bahasa resmi di 29 negara yang tersebar di Eropa, Kanada, Amerika Selatan, Afrika, Karibia, dan Polinesia.

Bagi Anda yang hendak menuntut ilmu atau bekerja di negara-negara Francophonie, pengetahuan bahasa Prancis menjadi perlu. Namun sayangnya, di luar institusi pendidikan tinggi, program pembelajaran bahasa Prancis terbilang jarang ditemui. Menjawab tantangan ini, Leavco pun hadir menyelengarakan program kursus bahasa Prancis di wilayah Depok dan sekitarnya. Segera hubungi kami dan jadilah salah satu orang yang fasih menggunakan bahasa dari negeri mode itu.(IA)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ini dia rekomendasi untuk jasa desain rumah di bogor.