Ada pertanyaan?   +6221 3030 3913   info@leavco.com

Bahasa Rusia: Bahasa Indah Nan Unik

Bahasa Rusia: Bahasa Indah Nan Unik

 

 

 

 

Apa yang Anda bayangkan begitu mendengar nama Rusia? Kecanggihan artileri? Tokoh animasi bernama Marsha dalam film animasi Marsha and The Bear? Atau bahasa nasionalnya?

 

Negeri masyur dengan destinasi wisata Moskwa dan St. Petersburg ini menggunakan Bahasa Rusia sebagai alat komunikasi sehari-hari. Bahasa Rusia adalah bahasa Slavia yang merupakan rumpun bahasa Indo-Eropa, yang digunakan oleh orang-orang Slavic di Eropa Timur. Selain dituturkan oleh orang Rusia, bahasa ini juga digunakan di negara-negara seperti Belarus, Uzbekistan, Kazakhstan, dan Kirgiztan. Dari segi jumlah penuturnya, bahasa Rusia merupakan bahasa terbesar kelima setelah bahasa Inggris, Mandarin, Spanyol, dan Hindi. Bahasa ini pun menjadi bahasa resmi di PBB dan Persemakmuran Negara-negara Merdeka.

 

Bahasa ini sangat unik. Tak seperti bahasa Inggris atau Indonesia yang ditulis menggunakan aksara Latin. Bahasa Rusia hadir dengan aksara khas yang disebut dengan abjad Kril. Abjad ini diciptakan oleh Saint Cyrill dan Methodius, seorang misionaris Roma-Timur pada abad IX M untuk menerjemahkan ajaran Kristen ke dalam bahasa Slavia Kuno. Abjad ini sudah mulai digunakan di Rusia pada awal abad pertengahan, kemudian disederhanakan jumlah serta penulisannya pada masa pemerintahan Tsar Peter Yang Agung dan distandardisasi sebagai bahasa Rusia.

 

Bahasa Rusia ditulis dengan menggunakan alfabet Sirilik (kirillitsa) yang memiliki 33 huruf, terdiri dari sebelas huruf vokal dan dua puluh huruf konsonan serta dua penanda lunak dan keras. Huruf alfabet Sirilik ini sangat unik. Terdapat beberapa huruf yang penulisan latin dan pelafalannya sama, seperti “A”, “M”, “K”, “O”, dan “T”. Ada pula huruf yang pengucapannya berbeda dengan bentuk latinnya, seperti “E”,“C”, “Я”,”И”, dan angka “3”. Keunikan lainnya yaitu terdapat huruf-huruf yang terlihat seperti simbol, yaitu huruf “Д “, “Л”, “Ж”,” Ф”, dan lain-lain.

 

Bahasa Rusia masih belum begitu populer di kalangan masyarakat Indonesia, walaupun beberapa lembaga belajar sudah menyediakan bahasa ini sebagai mata pelajaran. Meski demikian, Bahasa Rusia juga tak kalah penting dari Bahasa Inggris untuk dipelajari. Mengapa demikian?

 

Bergulirnya MEA (Masyarakat Ekonomi Asean) telah membawa pengaruh bagi sektor tenaga kerja di Indonesia. Hadirnya kebijakan ini memberikan kesempatan yang besar untuk para pencari kerja, yaitu kemudahan mencari pekerjaan di luar negeri. Nah, jika kebetulan perusahaan yang anda lamar merupakan perusahaan milik investor Rusia, tentunya akan sangat penting belajar Bahasa Rusia untuk memenuhi kualifikasi yang ditetapkan oleh perusahaan tersebut.

 

Bagimana, Anda tertarik untuk belajar Bahasa Rusia? Kini, Anda bisa belajar bahasa unik ini di Leavco. Kunjungi www.leavco.com sekarang dan nikmati kursus Bahasa Rusia bersama tentor handal dengan biaya yang terjangkau.(rva)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ini dia rekomendasi untuk jasa desain rumah di bogor.